Header Ads

festival ogoh ogoh

atraksi seni terbesar di bali...


Sehari menjelang hari raya nyepi, umat hindu biasanya melaksanakan upacara tawur atau ngerupuk sebagai penyucian diri dari roh jahat dan kekuatan-kekuatan negatif yang timbul akibat keserakahan dan kesombongan manusia, terutama untuk menjaga keharmonisan alam dan diri manusia. ngerupuk bisa dilakukan di rumah maupun di pura dengan memberi sesaji. puncak ngerupuk di pura umumnya saat senja sehari sebelum nyepi. tapi sebelum ngerupuk, ritual yang tak boleh dilewatkan adalah upacara melasti  atau melarung saji ke laut yang tujuannya adalah juga membersihkan kotoran dari dalam diri.

Sore hari saat upacara ngerupuk para pemuda desa di bali mengarak ogoh-ogoh, sebuah replika raksasa berwujud makhluk menyeramkan yang melambangkan bhuta kala atau kekuatan negatif yang selalu mengganggu ketentraman hidup manusia. pawai ogoh-ogoh ini merupakan salah satu tradisi yang paling menyita perhatian masyarakat luas sebelum hari raya nyepi tiba, karena dibalik nilai ritual yang dimilikinya, pawai ogoh-ogoh juga merupakan perwujudan dari daya kreasi dan inovasi seni para seniman muda bali. jauh hari sebelum hari raya nyepi para seniman bali berusaha membuat dan menampilkan karya seni mereka secara maksimal. 

Dana yang dikeluarkan untuk membuat ogoh-ogoh bahkan bisa sampai puluhan juta rupiah. pasalnya, selain untuk di arak malam pengrupukan, saat ini ogoh-ogoh juga menjadi ajang perlombaan. tujuannya selain melestarikan budaya juga untuk mengarahkan minat generasi muda kearah yang lebih positif yaitu mencintai seni. disini juga terlihat betapa pemuda bali mencintai gotong royong dan kebersamaan, memang bali luar bisa dengan segala kehidupan dan budayanya.

Setelah prosesi pawai, ogoh-ogoh biasanya dibakar dipinggiran desa sebagai perlambang pengusiran bhuta kala dari lingkungan desa setempat. memang tidak ada manuscript dalam kitab hindu yang menyebutkan adanya peranan ogoh-ogoh dalam menyambut hari nyepi, namun tradisi ini telah berlangsung secara turun temurun di bali dan menjadi atraksi menarik yang patut disaksikan. sebuah maha karya bali yang di wujudkan dalam festival ogoh-ogoh saat ini sudah menjadi perhatian dunia dengan ditandai banyaknya turis mancanegara yang hadir dalam festival ini. Budaya bali memang penuh dengan nilai seni tinggi, karya seni yang patut di dilestarikan oleh generasi muda. 
Apabila anda ingin berwisata ke bali sambil menyaksikan pawai ogoh-ogoh, maka anda harus berkunjung ke bali beberapa hari menjelang hari raya nyepi. 

gallery picture [ compatible on IE, mozilla firefox, chrome ]

No comments

Theme images by Terraxplorer. Powered by Blogger.