Header Ads

lovina beach

melihat atraksi dolphin di laut...
  

Pantai Lovina di Bali Utara, tepatnya di Buleleng menawarkan sesuatu yang berbeda kepada wisatawan. Pengalaman seru bagi wisatawan yang ingin melihat lumba-lumba. Wisatawan bisa melihat atraksi lumba-lumba secara alami dengan menggunakan perahu. Banyak sekali sampan atau perahu yang disewakan untuk melihat atraksi lumba-lumba, pasti akan menjadi pengalaman yang menarik. Tetapi hal ini tergantung dengan faktor cuaca, ada beberapa wisatawan yang kurang beruntung sehingga tidak bisa melihat lumba-lumba.

Wisatawan bisa menyewa sampan tersebut, waktu yang paling tepat melihat aktraksi pengejaran lumba-lumba dimulai ketika menjelang pagi, kurang lebih pukul 05.00. Sebaiknya anda memesan perahu pada malam hari, atau anda bisa menghubungi pengelola hotel tempat anda menginap untuk memesan sampan. Ketika pagi buta, akan ada teriakan ““Dolphin, Dolphin”, itu pertanda pemilik sampan siap mengantarkan anda ke petualangan paling seru selama liburan, yaitu melihat lumba-lumba.
Petualangan apalagi yang bisa anda temukan di sana? jangan kuartir, masih ada petualangan lainnya seperti menyelam, ada titik penyelaman dengan pemandangan yang menakjubkan, anda bisa menikmati keindahan laut di pantai lovina. Banyak ikan laut yang akan bisa anda lihat dan cukup ramah bagi penyelam. Memang taman laut di Lovina tidak seindah taman laut lainnya di Indonesia. Namun, Anda akan cukup senang bermain-main dengan ikan hias di perairan ini.

Pantai lovina terletak di sebelah barat kota Singapraja, kira-kira berjarak 9-10 km dari kota singapraja.  Pantai Lovina berada di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Karena itu, kadang orang menyebutnya sebagai kawasan wisata Kalibukbuk. Pantai ini agak kurang cocok untuk berjemur karena di bibir pantai banyak perahu yang digunakan dan disewakan untuk melihat lumba-lumba,  pantai Lovina yang berpasir hitam ini masih alami sehingga menarik dikunjungi. Laut Bali yang berada di perairan pantai ini relatif tenang sehingga Anda bisa berwisata di laut tersebut dengan menggunakan perahu nelayan. Atraksi lumba-lumba di laut inilah yang menjadi keistimewaan pantai ini.

Bagi wisatawan domestik, biasanya berkunjung menggunakan jalur darat akan lebih baik, melalui jalur darat yang masuk ke bali kemudian lewat gilimanuk,  jarak antara Gilimanuk ke Pantai Lovina kurang dari satu jam. Bagi wisatawan domestik atau yang menggunakan jalur udara, maka harus turun di bandara bali yaitu Bandara Ngurah Rai. Bandara Ngurah Rai dan Pantai Lovina ibarat dari ujung selatan ke ujung utara Bali. Jaraknya bisa lebih dari 120 km. Perlu waktu tempuh sekitar nyaris tiga jam. Seringkali waktu tempuh yang lama ini menjadi kendala wisatawan domestik untuk berkunjung ke pantai ini. Walau begitu, hal tersebut tidak bisa menjadi alasan untuk menikmati panorama Pantai Lovina di kala matahari terbit. Rekomendasi terbaik untuk benar-benar menikmati Pantai Lovina adalah dengan menginap minimal semalam di area ini. Karena, tour lumba-lumba sebagai aktraksi wisata utama pantai ini dilakukan pada pagi hari atau sekitar jam 5 pagi waktu setempat.

what to do : dolphin attraction, snorkeling, beach hopping
getting lovina beachDari Denpasar ke pantai ini, Anda bisa melewati Bedugul lalu ke Singaraja dan menuju desa Kalibukbuk atau anda juga bisa melewati rute Bedugul lalu Seririt. Waktu tempuh perjalanan melewati kedua rute tadi sekitar 2 jam perjalanan. Namun, rutenya melewati jalur yang naik-turun dan berkelok-kelok. Rute lain adalah melewati Gilimanuk lalu ke pantai lovina yang bisa ditempuh dalam waktu hampir 4 jam. Jalur ini relatif lurus dan nyaman meski membutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama.

gallery picture [compatible on IE, mozilla firefox, chrome]
map lovina beach


View lovina beach in a larger map

No comments

Theme images by Terraxplorer. Powered by Blogger.