Header Ads

taman ujung (taman soekasada)

berwisata ke heritage park...



Taman Soekasada - Ujung, Bali. Taman Soekasada Ujung Karangasem yang lebih dikenal dengan nama di Taman Ujung merupakan salah satu objek wisata di Bali, terletak di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Bali, sekitar 75 km dari Bandara Udara Ngurah Rai perjalanan dengan mobil sekitar 2 jam, dan 5 km dari Amlapura. 

Taman Ujung ini mulai dibangun sekitar tahun 1919 dan diresmikan tiga tahun kemudian atau tepatnya tahun 1921. Taman ini dibangun oleh Raja Karangasem yang dimaksudkan untuk tempat peristirahatan raja dan keluarganya disamping juga untuk menjamu tamu kehormatan yang datang ke Karangasem seperti tamu negara, para raja sahabat, atau lainnya.

Kompleks taman wisata Soekasada Ujung merupakan kombinasi dari arsitektur Bali dan Eropa. Terdapat tiga kolam besar dan luas di daerah ini. Di tengah kolam utama, terdapat bangunan yang menghubungkan sisi-sisi kolam dengan dua jembatan yang panjang. Di sebelah kolam terdapat taman dan pot bunga serta patung-patung. Bentuk bangunan sangat megah dan khas karena perpaduan antara arsitektur Eropa dan Bali. 
Di sisi barat ada sebuah perbukitan yang menawan dimana untuk mencapainya dibuat jalan berundak yang berukuran tinggi dan lebar. Sementara di sebelah utara taman tersebut, diatas bukit terdapat Patung Warak yang berukuran sangat besar dan dibawahnya terdapat Patung Banteng dimana dari mulut kedua patung tersebut keluar air mancur yang menuju ke kolam. Jika pengunjung sudah mencapai puncak bukit tersebut maka dipastikan bisa menyaksikan pemandangan alam khas Bali yang sulit ada tandingannya.

Dari tempat tinggi ini kita bisa melihat pemandangan laut yang mengagumkan dengan hutan yang menghijau, keindahan Gunung Agung yang dikombinasikan dengan persawahan yang hijau. Selain anda bisa menikmati keindahan taman anda juga bisa mengunjungi objek wisata pantai Ujung yang terletak beberapa puluh meter dari taman. Jika anda mau wisata melakukan perjalanan tour ke Bali Timur anda bisa berkunjung ke sini dan menginap di wilayah objek wisata Candidasa ataupun Tirtagangga. 

gallery picture [ compatible on IE, mozilla firefox, chrome ]

map : taman ujung


View taman ujung in a larger map

No comments

Theme images by Terraxplorer. Powered by Blogger.