Header Ads

turtle island bali

education tour...
 

Jika liburan anda masih panjang, setelah menikmati tantangan watersport pantai tanjung benoa. Mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda berikutnya, cobalah berkunjung ke turtle island bali. Anda bisa sampe di pulau penyu dengan cara menyewa perahu, pulau penyu ini berjarak kurang lebih 20-30 menit perjalanan, pengunjung bisa melihat tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah dan penangkaran ini sendiri bernama Deluang Sari ada juga penangkaran lain seperti pudut sari dan lainnya.

Penangkaran pulau penyu memiliki berbagai jenis penyu, ratusan ekor penyu dengan berbagai usia dan ukuran. Terdiri dari penyu induk yang jumlahnya bisa mencapai 50 ekor, yang berukuran besar usianya bisa mencapai 35 tahun lebih. Pengunjung bisa memegangi dan mengangkat induk penyu tersebut untuk berfoto bersama. Untuk setiap harinya induk penyu diberi makan rumput laut. Ketika air laut pasang mereka bisa leluasa ke pinggir pantai, namun tidak sampai lepas ke laut, karena telah dipagari dengan bambu. Mereka akan kembali ke kandang setelah air laut surut. Apabila ada yang tidak kembali, pekerja akan memindahkannya dengan tangan.

Pengunjung tidak diperbolehkan untuk membeli penyu-penyu yang ada di pulau ini, apalagi untuk dikonsumsi, pulau penyu adalah tempat penangkaran yangi semata-mata untuk upaya pelestarian satwa laut yang dikhawatirkan akan punah. Satwa tersebut sengaja dibiarkan berkembang biak secara alami. Setelah bertelur dan anak-anaknya itu kuat berenang di laut, anak penyu itu dilepas, sementara induknya tidak. Tidak hanya penyu yang dapat dijumpai di pulau ini. Ular, monyet, burung dan hewan lain yang jinak bisa dijumpai di sana. Terdapat pula semacam galeri yang menawarkan berbagai macam cinderamata, termasuk replika penyu berbagai ukuran terbuat dari kayu dan batu karang. Kendati letaknya terpencil, di lokasi itu pun terdapat tempat penjualan makanan dan minuman.

Perahu motor tidak bisa merapat langsung ke lokasi Pulau Penyu karena pendangkalan. Pengunjung harus turun menyusuri sendiri pantai yang berair setinggi mata kaki sampai dengan bawah lutut orang dewasa. Jika takut kaki terantuk batu karang atau lainnya, bisa menyewa sepatu yang ditawarkan beberapa warga disana.


map pulau penyu 
This is an interactive map, Use controls to pan and zoom this map.

View pulau penyu in a larger map
Theme images by Terraxplorer. Powered by Blogger.